Reputasi, Pentingkah?

Reputasi Mendorong Bisnis

Reputasi suatu korporat dinilai penting karena reputasi adalah aset dari keberhasilan suatu perusahaan. Reputasi bahkan disebut sebagai tujuan paling penting dari manajemen komunikasi suatu perusahaan. Berikut beberapa pernyataan ahli terkait dengan reputasi:

  • Van Riel (1995) menyebutkan bahwa produk/jasa dari perusahaan bereputasi baik cenderung dipilih masyarakat untuk dibeli.
  • Fombrun (1996) menyatakan bahwa reputasi adalah sumber yang kompetitif dari profit perusahaan.
  • Wartick (1992) menyebutkan bahwa reputasi adalah aset tak kasat mata tetapi pengaruhnya berdampak pada perusahaan.
  • Doorley dan Garcia (2011) menyatakan bahwa reputasi dapat dilihat dan dinilai serta dihitung secara ekonomi. Mereka pun menyebutkan jika reputasi penting untuk dikelola dan dikembangkan secara strategis.

Reputasi yang baik dari suatu perusahaan memungkinkan produk /jasa yang dijual memiliki harga premium karena publik sudah memercayai produk/jasa dari perusahaan tersebut.

Pentingnya Reputasi

Philip Kitchen (2004) menyatakan bahwa ada tiga prinsip yang harus menjadi pertimbangan perusahaan dalam mendapatkan reputasi perusahaan yang dapat diterima. Pertama adalah akuntabilitas perusahaan pada stakeholders. Kedua adalah adanya usaha dari perusahaan dalam merangkul persepsi pasar yang berkembang dan CEO sebagai personifikasi dari cita-cita dan posisi ideal perusahaan. Ketiga adalah penggunaan internet oleh perusahaan dalam berkomunikasi dengan masyarakat.

 Model-Model Reputasi

Untuk membangun reputasi, perusahaan harus merencanakan dan merancangnya secara strategis dan sistematis. Ada beberapa model dalam mengelola reputasi suatu perusahaan, seperti diuraikan dalam tulisan Andre Hardjana (2008). Berikut adalah beberapa model dalam membangun reputasi.

  • Most Admitted Companies (MAC), Fortune Magazine
  • Reputation Quotient (RQ, Fombrun (1996)
  • Corporate Personality Scale, Davies, dkk. (2003)
  • Stakeholder Performance Indicator and Relationship Improvement Tool (SPIRIT), MacMillan, dkk. (2004)

 

Perusahaan Bereputasi Paling Baik Versi Media

Media-media tertentu menyajikan perusahaan-perusahaan dengan reputasi terbaik secara berkala. Dua media di antaranya adalah Forbes Magazine dan Fortune Magazine.

  • Versi Forbes Magazine

Pengukuran reputasi dilakukan oleh The Reputation Institute, sebuah konsultan manajemen reputasi dari Boston. Penilaian perusahaan diambil dari besarnya kepercayaan, penghargaan, dan perasaan publik terhadap perusahaan yang disurvei.

  • Versi Fortune Magazine

Untuk versi ini yang dinilai adalah eksekutif senior, direktur, dan analis. Poin penilaian berdasarkan pada (1) kemampuan untuk menarik dan mempertahankan orang-orang berbakat; (2) kualitas manajemen, tanggung jawab sosial pada masyarakat dan lingkungan; (3) inovasi; (4) kualitas produk dan layanan; (5) penggunaan yang bijak pada aset perusahaan; (6) kesehatan finansial; (7) nilai investasi jangka panjang; dan (8) efektivitas dalam melakukan bisnis secara global.

Referensi:

Ganiem, Leila Mona dan Eddy Kurnia. 2020. Komunikasi Korporat. Jakarta: Prenadamedia Group.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like