Tip Membuat Isi Buku Menarik

Untuk membuat para pembaca tertarik dengan buku kita, isi tulisan tidaklah cukup. Benar bahwa isi tulisan adalah salah satu alasan pembaca tertarik untuk membeli kemudian membaca buku kita. Namun, ada kalanya pembaca tidak menyelesaikan membaca buku karena tampilan isi buku terlalu monoton sehingga cepat membuat lelah ketika membaca (kecuali si pembaca benar-benar kutu buku atau karena terpaksa harus membaca buku tertentu). Inilah alasan mengapa visualisasi isi buku juga ikut menentukan.

Berikut adalah tips yang dapat teman-teman gunakan supaya tampilan halaman isi buku menjadi menarik.

1. Gunakan gambar atau foto

Teman-teman dapat menyertakan foto atau gambar sebagai penjelas dalam satu bahasan. Usahakan menggunakan foto sendiri, tetapi jika tidak ada, teman-teman dapat menggunakan foto orang lain.
Jangan lupa selalu menyantumkan sumber foto/gambar (meskipun foto milik sendiri, apalagi jika foto milik orang lain). Ini wajib, tidak boleh tidak. Kemudian, pastikan foto orang lain yang kita gunakan sudah mendapatkan izin pemiliknya. Untuk amannya, teman-teman dapat mencari gambar dari situs gratis (misalnya Pixabay). Hindari mengambil gambar dari blog seseorang tanpa izin pemilik blog.

2. Gunakan bagan

Jika dalam satu subbab atau sub-subbab buku ada penjelasan tentang alur atau proses sesuatu, teman-teman dapat menambahkan bagan alur atau proses tersebut. Selain akan memudahkan pembaca memahami penjelasan dalam bentuk tulisan, ini pun akan menambah menarik halaman buku nanti.

3. Gunakan tabel

Untuk bahasan yang terlalu banyak memerlukan penjelasan detail, tabel dapat membantu “menjelaskan”. Ini pun akan menambah menarik isi buku.

4. Gunakan boks/kotak yang berisi frasa atau kalimat pendek (text box)

Text box ini berisi kalimat pendek atau frasa yang merupakan kata kunci dalam satu bahasan. Teman-teman dapat meletakkannya di awal, di tengah, atau di akhir satu bahasan.

Demikian beberapa tip yang dapat digunakan ketika menulis. Selain halaman isi buku akan menarik, tip ini pun dengan sendirinya akan menambah jumlah halaman buku teman-teman.
Semoga bermanfaat.

Salam literasi.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like