Awal yang Menarik

INTERESTING BEGINNING

Awal bab adalah halaman pertama dari setiap bahasan. Di halaman awal bab ini, penulis harus dapat menyajikannya sedemikian rupa sehingga pembaca akan tertarik untuk melanjutkan bacaan.

Ada beberapa cara yang dapat kita tuliskan ketika memulai bab baru.

1. Dengan cara menuliskan latar belakang bahasan

Ini yang biasa dilakukan banyak penulis. Sebelum masuk bahasan, kita sedikit menceritakan latar belakang bahasan di bab tersebut. Jika penulis buku sudah piawai bermain kata, tentu ini menjadi mudah, hanya biasanya sebagian penulis terjebak dan berlama-lama dalam “mengantarkan” bahasan. Ini harus dihindari. Kalimat pengantar ini hanya 1 paragraf saja dan itu pun tidak panjang (sekitar 5-8 kalimat efektif).

2. Dengan cara menuliskan quote

Cara ini bisa kita lakukan untuk menarik minat pembaca. Kita bisa ambil kutipan dari orang terkenal di awal bab. Jangan lupa tuliskan nama pemilik quote tersebut. Kalimat dalam quote tentu saja harus selaras dengan isi bab yang kita tulis.

3. Dengan cara story telling

Cara ini dapat menarik minat pembaca untuk tetap meneruskan membaca buku kita. Buat cerita yang pendek tapi langsung ke pokok masalah (bisa cerita sebenarnya atau cerita fiktif). Misalnya, isi bab tentang teknik hidroponik. kita bisa membuat cerita pendek tentang Si X yang suka bercocok tanam tetapi dia tinggal di kota dengan lahan sempit.
Cerita bisa dalam 1 paragraf (penulis yang bercerita) atau dalam bentuk dialog (hanya 4 lines, dialog Si X dan Si Y).

4. Dengan cara mengutip kasus atau berita yang sangat dikenal masyarakat

Kasus atau berita dapat pula dijadikan awal menarik dari bab. Misalnya, dalam bab mengenai memanfaatkan online games dalam pembelajaran, kita dapat mengambil kasus pandemi yang mengharuskan pendidik mampu beradaptasi dengan ini.

Demikian 4 cara yang semoga dapat menjadi inspirasi  dalam menulis buku ini. Awal paragraf dalam bab menentukan sekali, oleh karena itu tulislah dengan menarik sehingga pembaca mampu bertahan menamatkan isi bab tersebut. Hindari kalimat-kalimat panjang. Hindari juga paragraf panjang di awal bab.

Semoga bermanfaat. Tetap semangat menulis.

Salam literasi.

Ditulis Hera Budiman pertama kali tanggal 14 Januari 2021 dan dibagikan di grup komunitas literasi.

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like