Menentukan Judul Buku

“Writing comes from reading, and reading is the finest teacher of how to write.”

(Annie Proulx)

Kover buku adalah “wajah” pertama yang akan dilihat pembaca dari sebuah buku. Jika kover buku menarik, ini akan menjadi (salah satu) alasan seseorang membeli dan membaca sebuah buku. Jika kover adalah “wajah” buku, judul merupakan “nama/identitas” sebuah buku.

Sebelum menentukan judul, pastikan atau tentukan dulu para pembaca yang menjadi sasaran buku tersebut (target readers). Apakah masyarakat umum atau kalangan tertentu? Apakah anak-anak, remaja, atau dewasa? ini akan menentukan bagaimana buku disajikan nantinya (penulisannya, visualisasinya, ukurannya, dsb.).

Judul buku dapat menarik seseorang membeli dan membacanya. Sebaliknya, kover juga dapat membuat pembaca melewatkan buku tersebut sebelum keinginan membaca isinya datang. Karena alasan itulah, memilih judul buku yang tepat menjadi penting. Beberapa penulis mementukan judul buku sebelum menuliskan isinya, beberapa penulis lainnya menentukan judul setelah tulisan selesai. Bagaimana dengan kita? Ini tentu saja bergantung pada masing-masing penulis buku.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dijadikan poin dalam menentukan judul buku nonfiksi.

Membuat Penasaran 

Judul buku harus dapat membuat penasaran calon pembaca buku kita. Kata-kata yang digunakan dapat berupa frasa atau berbentuk pertanyaan. Rasa penasaran yang ditimbulkan oleh judul buku berarti suatu ajakan bagi yang melihat kover buku itu untuk membaca isinya.

Menggambarkan Isi Buku

Kata-kata yang digunakan harus dapat membuat calon pembaca tahu apa yang akan didapatkan dari buku tersebut. Judul buku tidak hanya sekadar membuat penasaran, tetapi juga menggambarkan isi buku secara garis besar. Pembaca mengetahui yang akan dibaca (bahasan yang menjadi isi buku) dari judul yang terlihat pada kover buku.

Mengerucut (Spesifik)

Meskipun judul menggambarkan isi buku, namun harus dipastikan bahwa pilihan kata yang digunakan haruslah spesifik. Mengapa demikian? Tujuannya adalah memberikan gambaran pada pembaca tentang spesifikasi atau kekhususan dari bahasan yang ada dalam buku. Dengan demikian buku akan dilirik oleh sasaran pembaca buku tersebut.

Menawarkan Solusi dari Satu Permasalahan

Judul buku menggunakan kata-kata yang menawarkan solusi dari satu permasalahan yang diangkat dalam isi buku. Pembaca tidak hanya memahami tema yang disajikan tetapi juga mendapatkan solusi dari permasalahan dalam tema tersebut.

Mudah Diingat

Pemilihan diksi dalam judul harus kata-kata yang mudah diingat. Penulis dapat menggunakan jargon atau juga frasa yang sudah dikenal sasaran pembaca dengan mengganti diksi tertentu sesuai isi buku. Selain itu, pastikan judul buku tidak terlalu panjang. Jika sulit membuat pendek judul buku, berikan anak judul.

Menggunakan Kata-Kata yang Kuat (Powerful Words)

Kata-kata yang powerful dapat menjadi pilihan ketika akan menentukan judul buku.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like