Peluncuran Buku Dunia Sahabat

Imagination is more important than knowledge. For knowledge is limited to all we now know and understand, while imagination embraces the entire world, and all there ever will be to know and understand.”

(Albert Einstein)

Orang-orang kreatif biasanya cerdas dalam mengembangkan imajinasi yang menjadi dasar kreativitas mereka. Berbicara tentang mengembangkan kemampuan dan keterampilan hidup untuk menjadi cerdas dalam kehidupan, pastinya kita berbicara tentang awal mula keterampilan dan kecerdasan tersebut dibentuk. Pembentukan dan pengembangan ini tentu saja akan lebih baik lagi jika dimulai sejak dini, sejak masa kanak-kanak. Banyak cara dan media yang dapat digunakan dalam mengembangkan kecerdasan dan keterampilan tersebut, dua di antaranya adalah mengasah imajinasi dan kreativitas anak.

Buku Dunia Sahabat

Menulis adalah salah satu media untuk dapat cerdas berliterasi. Dengan alasan ini pula, menulis bagi anak-anak adalah kegiatan yang sebaiknya menyenangkan dan disukai anak-anak. Lewat kegiatan menulis, anak-anak dapat mengasah keterampilan literasi baca-tulis. Memahami bacaan dan terampil menuangkan ide atau gagasan dalam tulisan adalah dua keterampilan yang saling melengkapi. Anak yang suka menulis adalah seorang pembaca yang baik dan anak yang suka membaca pasti akan lebih mudah ketika harus menuliskan ide atau gagasan imajinatifnya dalam sebuah cerita.

Salah satu dari 18 cerita anak dalam buku Dunia Sahabat

Dua hal inilah yang kemudian menghadirkan kegiatan Writing Club sebagai salah satu ekstrakurikuler di SDIT Nurul Fikri. Adapun buku Dunia Sahabat ini adalah hasil karya dari 18 anak yang mengikuti ekstrakurikuler Writing Club tahun ajaran 2019-2021 lalu. Pandemi bukan halangan untuk mewujudkan karya anak-anak ini dalam sebuah buku yang kemudian diterbitkan oleh Dandelion Publisher. Buku Dunia Sahabat dengan nomor ISBN 978-623-6163-24-5 ini berisi 18 cerita anak-anak yang dilengkapi dengan ilustrasi menarik pada setiap ceritanya. Buku persembahan anak-anak untuk para pembaca anak-anak.

18 cerita anak, karya 18 anak-anak kreatif

Hari Minggu, 4 April 2021 kemarin adalah hari peluncuran buku Dunia Sahabat, sebuah buku cerita untuk anak dari 18 anak-anak Writing Club SDIT Nurul Fikri. Peluncuran buku yang dimulai pukul 9 pagi ini dihadiri oleh Kepala Sekolah SDIT Nurul Fikri, Bapak Fahmi Irvansyah, dan juga perwakilan FLP Jakarta. Kegiatan yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut diisi dengan pemutaran video film pendek, aktivitas menyenangkan (games dan quiz) dari para mentor menulis Writing Club yaitu Mr. Nur Afilin dan Ibu Aira Kimberley.

Meskipun peluncuran buku ini dilaksanakan secara virtual, para peserta yang hadir terlihat  menikmati acara dengan gembira. Semoga ini dapat menjadi titik awal bagi para penulis cilik ini untuk tetap berkarya dengan menikmati setiap proses (membaca dan menulis) yang dilewatinya.

Congrats, kids. Good job!

 

0 Shares:
4 comments
  1. Buku “Dunia Sahabat” isinya tentang persahabatan kah?
    Wah, 18 penulis remaja berbakat ya, pasti senang kisahnya dibukukan. Semoga menjadi langkah awal untuk naskah-naskah berikutnya. Siapa tahu bisa tampil sebagai penulis buku solo…

    1. Ya, tentang pershabatan anak-anak dengan teman-temannya, dengan alam, dengan hewan peliharaan.
      Btw, buku ini karya anak-anak SD.
      Terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan ini.

  2. Wah keren sekali hasil karya anak-anak ya Miss.. gak banyak loh anak muda yang mau menulis buku seperti ini di era digital. Two thumbs up deh.. semoga bisa menginspirasi teman lainnya ya untuk tetap kreatif. Selamaaat untuk buku barunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.