Kelas Berkenalan dengan Haiku

Ini adalah buku kesekian yang lahir dari rahim KMB, sebuah komunitas literasi. KMB adalah komunitas literasi yang para anggotanya memiliki latar belakang yang beragam. Ada yang memang bergelut di dunia perbukuan, seperti penulis dan editor. Ada pula yang berprofesi sebagai seorang guru, dokter, apoteker, psikolog, pegiat homeschooling, dan lain-lain.

Karya para peserta kelas yang saya ampu diterbitkan menjadi sebuah buku kumpulan haiku.

Buku ini adalah salah satu karya para peserta kelas yang saya ampu pada bulan September 2020 yaitu Kelas Berkenalan dengan Haiku. Para peserta berlatar belakang  berbeda-beda. Selain profesi, usia juga berbeda-beda. Yang menyatukan mereka dalam karya ini adalah haiku.

Haiku adalah puisi pendek yang berasal dari Jepang, dengan hanya memiliki 17 suku kata dan dituangkan dalam 3 baris saja. Tentu saja ini bukan sekadar puisi 3 baris, karena ada kaidah-kaidah yang harus dimiliki dalam setiap barisnya.

Kelas yang diadakan via grup WA selama satu minggu ini, ditambah dengan pendampingan dari saya selaku mentor kelas menulis ini, ketika para peserta menuliskan haiku-haiku mereka. Menarik karena banyak cerita selama masa pendampingan berlangsung.

Selain haiku, mereka pun belajar mengambil foto hitam putih yang menarik dan dapat menjadi haiga dari salah satu haiku yang dituliskan. Untuk capturing and editing pictures, pendampingan dilakukan partner saya, Bu Wik. So, inilah karya yang merupakan jejak Kelas Berkenalan dengan Haiku.

Mengajar adalah bentuk lain dari belajar. Demikian saya selalu katakan. That’s why, saya selalu mendapatkan banyak hal menarik ketika mengampu sebuah kelas.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like