Dunia Sahabat

“Jika kau bukan anak raja, juga bukan anak ulama besar, maka menulislah.”

Imam Al-Ghazali

Anak lelaki 10 tahun ini kembali menjejakkan kenangan dalam sebuah tulisan. Ada cerita khas tulisan anak-anak dalam buku berjudul Dunia Sahabat ini, dan cerita si anak lelaki ini – my wonderful boy -adalah satu dari 18 cerita anak yang tersaji di buku Dunia Sahabat. Kedelapanbelas anak ini adalah para siswa kelas menulis di sekolah mereka. Para penulis cilik ini duduk di kelas  3, 4, dan 5 SD ketika cerita ini ditulis mereka.

 

Buku Dunia Sahabat

Buku yang akan launching dalam waktu dekat ini adalah hasil dari kelas menulis yang diadakan Writing Club SDIT Nurul Fikri, Kota Depok. Proses penulisan ceritanya sendiri sudah selesai sebelum pandemi merebak. Proses penerbitan dilakukan dalam dua bulan terakhir ini. Dengan ilustrasi yang menarik pada setiap cerita, buku ini pasti disukai anak-anak.

Secara keseluruhan, 18 cerita yang ada berbicara tentang persahabatan secara universal. Ada persahabatan antarteman, ada persahabatan dengan hewan-hewan, dan keindahan persahabatan di dunia anak-anak lainnya.

Menulis adalah satu dari enam keterampilan literasi dasar yang harus dimiliki anak. Tentu saja ini bukan tentang menjadikan anak seorang penulis (kecuali si anak memang bercita-cita menggeluti serius dunia kepenulisan), namun keterampilan literasi ini adalah bekal bagi anak di dunia masa depannya kelak. Keterampilan menulis mengasah anak untuk dapat berpikir runtut dan terstruktur. Selain itu, menulis pun dapat menjadi media bagi anak dalam melatih pengelolaan emosi mereka ke arah yang lebih positif.

Jika menulis adalah sebuah proses, berikanlah kesempatan bagi anak untuk dapat menikmati prosesnya. Jika pun ada karya sebagai hasilnya, seperti buku Dunia sahabat ini, jadikan ini sebagai jejak positif dalam garis waktu kehidupannya.

“Ketika sebuah karya selesai ditulis, maka pengarang tak mati. Ia baru saja memperpanjang umurnya lagi.”

(Helvy Tiana Rosa)

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published.